Tanaman Kelapa Sawit Pisifera

"Pertanian Nusantara"


TANAMAN KELAPA SAWIT PISIFERA


1.1. Latar Belakang 

Kelapa sawit berjenis pisifera mempunyai cangkang yang sangat tipis hingga tidak bercangkang. Hal ini dikarenakan kandungan zat alela homozigot pada jenis ini bersifat resesif. Buah kelapa sawit pisifera memiliki daging yang lebih tebal daripada dura dengan daging biji yang tipis sekali.



Sayangnya, bunga kelapa sawit  dari jenis pisifera ini bersifat steril sehingga sulit berkembang menjadi buah. Oleh sebab itu, perbanyakan jenis kelapa sawit ini hanya bisa dilakukan melalui persilangan dengan kelapa sawit dari jenis yang lainnya. Namun beberapa kelapa sawit pisifera memiliki kemampuan fertile sehingga bisa berkembang biak secara mandiri. Kelapa sawit dari pisifera ini tidak bisa digunakan sebagai tanaman komersial untuk budidaya, melainkan sebatas indukan jantan yang berkualitas unggulan.

"
1.2. Kesimpulan

Tanaman kelapa sawit pisifera hanya sebagai pohon induk dan biasnya di produksi oleh divisi pemuliaan tanaman sebagai pohon persilangan jenis tanaman Dura x Pisifera sehingga hasil pesrsilangan kedua tanaman menghasilkan keturunan 100% Tenera 







Komentar

Postingan populer dari blog ini

PEMBIBITAN KELAPA SAWIT MAIN NURSERY

"Pertanian Nusantara"